MENGENALI POTENSI DIRI

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan potensi masing-masing. Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum menyadari potensi di dalam dirinya sendiri. Padahal potensi setiap orang sangat menunjang kesuksesan hidupnya jika diasah dengan baik. Nah kalo pengin tau potensi diri anda, coba deh ikuti tipsnya:

Kenali diri sendiri
Coba buat daftar pertanyaan, seperti: apa yang membuat anda bahagia; apa yang anda inginkan dalam hidup ini; apa kelebihan dan kekuatan anda; dan apa saja kelemahan anda. Kemudian jawablah pertanyaan ini secara jujur dan objektif. Mintalah bantuan keluarga atau sahabat untuk menilai kelemahan dan kekuatan anda.

Tentukan tujuan hidup
Tentukan tujuan hidup anda baik itu tujuan jangka waktu pendek maupun jangka panjang secara realistis. Realistis maksudnya yang sesuai dengan kemampuan dan kompetensi anda. Menentukan tujuan yang jauh boleh aja asal diikuti oleh semangat untuk mencapainya.

Kenali motivasi hidup
Setiap manusia memiliki motivasi tersendiri untuk mencapai tujuan hidupnya. Coba kenali apa motivasi hidup anda, apa yang bisa melecut semangat anda untuk menghasilkan karya terbaik, dll. Sehingga anda memiliki kekuatan dan dukungan moril dari dalam diri untuk menghasilkan yang terbaik.

Hilangkan negative thinking
Enyahkan pikiran-pikiran negatif yang bisa menghambat langkah anda mencapai tujuan. Setiap kali anda menghadapi hambatan, jangan menyalahkan orang lain. Lebih baik coba evaluasi kembali langkah anda mungkin ada sesuatu yang perlu diperbaiki. Kemudian melangkahlah kembali jika anda telah menemukan jalan yang mantap.

Jangan mengadili diri sendiri
Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dalam mencapai tujuan anda, jangan menyesali dan mengadili diri sendiri berlarut-larut. Hal ini hanya akan membuang waktu dan energi. Bangkit dan tataplah masa depan. Jadikan kegagalan sebagai pengalaman dan bahan pelajaran untuk maju.

Kini anda sudah tau kan cara mengetahui potensi diri anda? Ingat, potensi anda adalah kekuatan anda untuk menggapai sukses. So, mulai sekarang ketahuilah dan galilah potensi diri anda. Semoga sukses..!

-: Sarikata.com :-

Bagaimana CARA MENGENAL Potensi Diri?


Potensi diri, bakat, attitude, intelegensia, talenta, kemampuan khusus, atau apa pun namanya merupakan karunia terbesar yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada setiap manusia. Hal itu dimaksudkan agar manusia dapat menjalankan peran yang telah ditentukan-Nya di muka bumi ini.

Dengan kata lain, potensi diri/bakat merupakan sesuatu yang dititipkan Tuhan ke dalam diri setiap manusia yang lahir sebagai bekal perjalanan mereka selama hidup di dunia ini. Namun sayangnya, potensi itu tidak serta merta dapat langsung kita kenali. Mengapa? Karena potensi tersebut masih berupa 'bakat mentah' yang masih perlu diasah dan dikembangkan. Namun, sebelum melakukan hal tersebut, tentunya kita perlu mengenali potensi tersebut terlebih dahulu.

Nah, pertanyaannya sekarang, bagaimana sih cara kita untuk mengenali potensi diri/bakat tersebut? Ada beberapa cara praktis dan reflektif untuk mengenali potensi diri yang saya sarikan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

(1) MENGERJAKAN TES BAKAT DAN KEPRIBADIAN.

Banyak sekali buku mengenai hal tersebut. Anda bisa mencarinya di toko buku atau perpustakaan terdekat. Buku tersebut berisi rangkaian kuisioner yang harus anda jawab dengan perhitungan waktu dan score tertentu. Saya sendiri telah melakukan hal ini dan memperoleh manfaat nyata yang sangat besar. Hasil tes yang telah saya lakukan ternyata sedikit banyak benar-benar menggambarkan bakat terpendam dan potensi diri saya. Saya jadi semakin mengenali diri saya dengan beberapa kelebihan dan kekurangannya.

(2) MENGENALI HAL-HAL YANG TERASA BISA DENGAN MUDAH KITA KERJAKAN, NAMUN DI SISI LAIN SANGAT SULIT/TIDAK MUDAH BAGI BEBERAPA ORANG (SEBAGIAN ORANG).

Nah, untuk hal ini, saya akan mengambil contoh dari diri saya sendiri. Bagi saya, ada beberapa kegiatan yang terasa sangat mudah saya lakukan, di antaranya menulis (tapi tidak sembarang menulis lho). Menulis di sini saya artikan sebagai menuangkan gagasan/ide dalam bentuk tulisan yang enak dibaca, tertata rapi, namun memiliki muatan/nilai manfaat bagi para pembacanya. Nah, bagi beberapa orang teman saya dan mungkin banyak lagi yang lainnya, menulis dalam arti tersebut terasa sangat sulit. Namun bagi saya, justru terasa sangat mudah. Hal lainnya yang terasa sangat mudah saya kerjakan yaitu melakukan koreografi/gerakan-gerakan khas modern dance (misalnya breakdance, street dance, dan hiphop dance). Nah, pembaca mungkin bisa menyimpulkan sendiri apa potensi/bakat saya dari 2 macam hal tersebut.

(3) MENGENALI HOBI/KEGIATAN-KEGIATAN YANG KITA LAKUKAN UNTUK MENGISI WAKTU LUANG.

Lalu, apa kaitannya dengan potensi diri? Sebuah hobi tentunya merupakan sesuatu yang dengan senang hati kita lakukan. Ada semacam kepuasan batin ketika melakukannya dan seringkali kita menjadi lupa waktu (larut). Contohnya saya, ketika sedang menulis atau pun mendengarkan musik sambil nge-dance, saya bisa menghabiskan waktu lebih dari 2 jam. Dan itu sangat tidak terasa karena saya benar-benar menikmati apa yang sedang saya lakukan saat itu. Nah, pertanyaan di atas tentunya sudah terjawab, bahwa potensi diri kita sebenarnya SANGAT BERKAITAN ERAT dengan hobi/kegiatan yang kita lakukan untuk mengisi waktu luang.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda mengenali diri sendiri dengan segenap potensinya (yang mungkin masih terpendam?) Mudah-mudahan panduan di atas bisa sedikit membantu anda untuk mengeksplorasi diri sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tausiyah Ustadz Yusuf Mansur

Ayat-ayat Cinta